SELAMAT DATANG DI PRAMUKA SMPN 2 SEPATAN

KAMI AKAN MEMBERIKAN ARTIKEL KEGIATAN DAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA.

_..,,SELAMAT MEMBACA,,.._

Selasa, 08 November 2011

Sejarah Pramuka SMPN2Sepatan


..SALAM PRAMUKA...................

   Pramuka adalah organisasai yang ada sejak lama. Berawal dari seseorang kelahiran Inggris yang mempunyai pengalaman dan petualangan hidup yang sangat mengukir sejarah di negara-negara tertentu akhirnya ia membentuk suatu perkumpulan dan sekarang perkumpulannya sudah menyebar ke seluruh pelosok negeri. Indonesia adalah salah satu dari sekian negara yang antusias untuk mengembangkan dan mendidik bangsanya dengan mendirikan perkumpulan yang sama dengan orang inggris tersebut dan menamai perkumpulannya dengan KEPANDUAN yang sekarang orang - orang biasa menyebutnya PRAMUKA. Berkat perannya sebagai orang yang sangat di kagumi atas segala perjuangannya dan telah banyak menginspirasi dunia maka orang Inggris tersebut menjadi duta perkumpulan yang ia dirikan bersama rekan-rekannya atau biasa orang Indonesia menyebutnya sebagai BAPAK PANDU PRAMUKA SEDUNIA (ROBERT STEPHENSON SMYTH BODDEN POWELL ) sedangkan untuk BAPAK PANDU PRAMUKA SEINDONESIA adalah SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO IX.

     Atas dasar itulah maka SMP Negeri 2 Sepatan mendirikan dan menjadikan kegiatan ekstrakulikuler di sekolah. Dengan usaha yang telah menguras tenaga dan pikiran dari seorang wanita yang saat itu berprofesi sebagai guru di SMP Negeri 2 Sepatan sangat antusias untuk mencetak para generasi muda menjadi pribadi yang baik dengan metode ajaran yang keras namun menyenangkan untuk para anggotanya. Saat itu memang sangat sedikit sekali yang berminat untuk bergabung di PRAMUKA SMP Negeri 2 Sepatan, dapat dikatakan orang - orang yang ikut bergabung saat itu adalah hasil paksaan namun akhirnya mereka dapat merasakan kenyamanan dalam setiap ajaran yang telah beliau ajarkan dengan sangat penuh perjuangan. Setiap ada kegiatan atau event pramuka, SMP Negeri 2 Sepatan selalu berusaha untuk mengikuti acara tersebut. Bahkan jika memang tidak memungkinkan maka beliau akan memperjuangkannya dengan sepenuh kemampuannya (NEKAD) bersama dukungan dari setiap anggota. Dan yang menjadi bukti sejarah adalah beliau telah berhasil mengembangkan ekstrakulikuler tersebut hingga SMP Negeri 2 Sepatan mempunyai gedung khusus sekolah sendiri karena sebelumnya SMP Negeri 2 Sepatan masih bergabung di sekolah lain.

     02 Agustus 2003 sepertinya mempunyai makna yang sangat mendalam untuk sejarah pramuka SMP Negeri 2 Sepatan. Meskipun tidak ada peringatan atau pengesahan secara khusus, namun di tanggal tersebut menjadi nilai yang sangat mempengaruhi masa depan karena di hari tersebut adalah hari untuk pertama kalinya SMP Negeri 2 Sepatan latihan pramuka dan menjadi pembukaan cerita sejarah berdirinya pramuka SMP Negeri 2 Sepatan. Dan wanita yang sangat besar perannya dalam sejarah berdirinya pramuka SMP Negeri 2 Sepatan tersebut adalah Nurul Ruwaida, S.pd dan telah mendapat gelar kehormatan menjadi pembina pramuka gugus depan SMP Negeri 2 Sepatan.

     Demikian perjalan pramuka SMP Negeri 2 Sepatan yang sekarang telah banyak mengumpulkan trofi dan penghargaan dari berbagai event dan lomba-lomba. Namun perjuangan selama mengikuti event dan lomba-lomba itulah yang menjadi kesan terbaik untuk seumur hidup kita.

.............SALAM PRAMUKA.....................

Tidak ada komentar: